Agar Anak Semangat Mengerjakan PR


Hampir setiap hari anak kita dijejali dengan berbagai materi yang berat dan seabrek tugas. Mau tak mau anak harus menyelesaikannya. Tak jarang anak menjadikan PR sebagai beban yang tidak enak.
Padahal PR membantu pemahaman mata pelajaran, mengembangkan rasa tanggung jawab anak dan pengalaman belajar yang lebih positif.

Berikut beberapa tips yang dapat menolong anak agar lebih semangat mengerjakan pekerjaan rumah :

1. Tempat tenang dan nyaman, cukup cahaya, tanpa suara TV, suara anak bermain dan orang berbicara atau menelpon.

2. Jam teratur. Anak perlu rutinitas. Jdi tetapkan waktu PR di mana anak harus mengerjakan beberapa tugas yang terkait dengan sekolah. Anda dapat menetapkan aturan.

3. Cek Biasakan memonitor PR anak. Apakah dia mempunyai masalah saat mengerjakan tugas-tugasnya

4. Jangan mengerjakan PR anak. Disarankan agar para orangtua menemani anak mengerjakan PR dan membantunya jika ia memerlukan pertolongan. Tapi, Orangtua boleh membantu menyelesaikan tugas-tugasnya. Sesekali, orangtua boleh membantu menjelaskan bagaimana cara membuat tugas tersebut. Tetapi, jangan biarkan anak mencoba terlebih dahulu sebelum menawarkan bantuan kepadanya.

5. Reaksi positif. Orangtua bisa sambil membaca buku atau Koran atau melakukan kegiatan lain, tapi bukan menonton TV atau menelpon.

6. Beri motivasi. Dampingi anak anda, beri dukungan, pujian atau pelukan.

7. Orangtua harus selalu siap jadi konsultan. Apabila anak mengalami kesulitan dalam mengerjakan PR, tawarkan bantuan untuk menjelaskannya sekali lagi.

8. Boleh mengerjakan PR bersama teman. Menyelesaikan PR bersama teman tentu lebih asyik dan bisa saling berdikusi dan menghindari kejenuhan.
9. Carilah bantuan jika menemukan kesulitan. Jelaskan bahwa untuk menyelesaikan oal itu bahwa orangtua akan bertanya kepada orang lain atau mencari referensi misal buku atau internet.

Komentar